Router Outdoor Murah Jangkauan Luas Harga Dibawah 500 Ribuan

Kupastrik.com - Router merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baikitu jaringan yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan jaringan yang menggunakan topologi Bus, topologi Star dan topologi Ring. Bagi pegiat jaringan RT/RW NET pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini, karena kegunaan nya sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis mereka. hehehe

Router dibagi menjadi 2 macam yaitu, router indoor dan router outdoor. Sesuai dengan namanya router indoor adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk didalam ruangan saja dan tidak tahan terhadap air. Sebaliknya router outdoor adalah sebuah perangkat yang digunakan khusus untuk diluar ruangan dan biasanya digunakan untuk memancarkan hotspot ataupun sebagai repeater atau penangkap jaringan wifi.

Macam - Macam Operation Mode Pada Router

Didalam router terdapat pula beberapa operation mode yang dapat digunakan sesuai keperluan penggunaan contohnya saja seperti : 

- Repeater : Mode yang digunakan untuk me-repeat jaringan wifi yang sudah ada atau dengan kata lain mode ini untuk memperluas cakupan area sinyal wifi, mode ini sangat cocok bagi yang memiliki ruangan yang cukup besar.

- Access Point : Mode ini merupakan sebuah mode yang berfungsi sebagai penghubung beberapa wireless klien komputer atau perangkat jaringan yang tergabung di dalam sebuah jaringan yang sama. Kita ibaratkan saja access point ini adalah sebuah pemancar yang bertugas memancarkan wifi ke beberapa client.

- AP Client : Mode selanjutnya adalah mode client, mode client ini berfungsi sebagai penerima sinyal wifi yang dipancarkan oleh access point.

-WISP : Kegunaannya adalah jika anda berlangganan internet RT/RW yang melalui jaringan wireless dan kebetulan sinyal di rumah anda lemah (cuma mendapatkan 2-3 bar sinyal) nah, anda bisa menggunakan mode WISP yang ada pada router anda dengan SSID yang berbeda dari AP utama.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan router outdoor yang sesuai dengan harga yang terjangkau dan sesuai keingingan tidaklah mudah. Ada banyak jenis - jenis router outdoor yang bertebaran di toko - toko komputer namun tak semua diantara mereka yang cocok dengan keperluan kita. 

Solusi dari mimin agar kita bisa mendapatkan router outdoor yang murah adalah dengan 1 sentuhan. Hehe.. Yaitu dengan membeli router indoor lalu di modif menjadi outdoor. Loh gimana caranya min? Untuk cara modifnya kalian tinggal cari di google dengan keyword "Cara modif router indoor menjadi outdoor"

Dengan cara ini budget yang sedikit tadi bisa digunakan untuk membeli router outdoor. EH, maksudnya router indoor dijadikan outdoor wkwk 

Rekomendasi Router Murah by Mimin Kupas Trik

Oke lanjut saja, inilah router indoor rekomendasian mimin yang sangat cocok untuk dimodif outdoor. Pastinya jangkauannya juga tidak kalah dibanding router outdoor.

1. Tenda N301


Tenda N301 merupakan router versi murah namun jangan salah walaupun harganya yang murah namun router ini sangatlah tangguh, dilengkapi dengan 2 buah antena 5dBi , router ini tidak kalah dengan router dengan antena yang sama. Router ini sangat cocok dan sering dipakai oleh pegiat RT/RW net sebagai client mode. Dengan harga Rp. 140.000,- anda sudah bisa membawa pulang router ini.


2. Tenda FH456


Tenda FH456 802.11n High-Power WiFi Router merupakan produk dari Tenda yang memiliki ukuran yang sedang. Router ini memiliki 4 buah antena eksternal omni directional 4*5 dBi sehingga anda dapat mengatur kearah mana saja sinyal di pancarkan. Router ini sangat cocok jika dimodifikasi sebagai perangkat outdoor karena memiliki 4 buah antena 5 dBi yang bebas anda arahkan kemana saja. Namun saja antenanya bersifat fix antena yang berarti tidak dapat di lepas, sehingga akan susah bila anda ingin menggantinya dengan antena dengan jangkauan yang lebih luas. Harga router ini berkisar antara Rp. 320.000,- hingga Rp. 345.000,-

3. Totolink N300RT


Router merk Totolink N300RT merupakan router yang murah, selain murah router ini juga stabil. Diperlengkap oleh 2*5 dBi antenna membuat router ini mampu mengcover area hingga 200 Meter tanpa halangan (LOS). Router ini juga banyak digunakan oleh para RT/RW NET untuk client mereka dengan cara me-modifikasi menjadi outdoor. Anda bisa membawa pulang router ini dengan harga sekitar Rp. 140.000,-

4. Totolink N300RH


N300RH merupakan tipe router dari merk totolink, router ini termasuk jenis router high gain antenna. Memiliki kecepatan sampai 300 Mbps dan dilengkapi dengan 2 buah antenna 11 dBi router ini juga termasuk kategori High Power. Jangkauan nya tidak diragukan lagi yaitu mampu meng-cover area hingga 500 meter tanpa halangan (jika di modif outdoor). Jika dipasang di dalam rumah router ini mampu meng-cover seluruh area rumah dan halaman sekitar rumah. Harga nya juga terjangkau yakni Rp. 310.000,-

5. TP-Link TL-WR941HP



Nah itulah 5 router rekomendasian dari mimin kupas trik untuk para sahabat. Mungkin ini bisa membantu kalian yang bingung mau pilih router yang mana untuk dijadikan router andalan kalian. Mimin sendiri sudah membuktikan ketangguhan dari beberapa router yang mimin sebutkan diatas. Dari router yang ada mimin sebutkan diatas mimin pernah mencoa router bermerk totolink n300rh (indoor) dan tenda FH456 (modif outdoor), hasilnya cukup lumayan dan jangkauannya luas.

Oke sekian tutorial dari mimin kupastrik tentang Router Outdoor Murah Jangkauan Luas Harga Dibawah 500 Ribuan. Demikianlah, wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

0 Response to "Router Outdoor Murah Jangkauan Luas Harga Dibawah 500 Ribuan"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas