Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas 100% Berhasil



Kupastrik.com - Video merupakan sebuah media yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah pesan ataupun menyampaikan sebuah berita. Video tersusun dari rangkaian banyak frame yang diputar secara cepat dan masing - masing frame adalah suatu rekaman dari tahapan - tahapan dari suatu gerakan.

Video biasanya dihasilkan dari sebuah alat yang dinamakan video recorder. Di zaman yang modern ini video bisa di buat hanya melalui kamera handphone dan kualitas nya tidak kalah ketika kita merekam menggunakan kamera DSLR atau sebagainya.

Video yang dihasilkan melalui kamera DSLR ataupun kamera - kamera lain nya tentu hasilnya sangat memuaskan, kamera seperti itu dapat menghasilkan sebuah video yang sangat jernih dengan resolusi antara HD 720p hingga kualitas tertinggi saat ini yaitu 4K dengan tipe MP4, AVI, MKV dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Merapikan Kodingan Javascript Secara Otomatis Dengan Cepat

Dan tentunya resolusi seperti itu menghasilkan video dengan size sangat besar hingga ber giga giga dan tentunya memakan banyak ruang penyimpanan. Tentu hal seperti ini sangat perepotkan jika kita ingin mengedit video menggunakan pc atau laptop sudah dipastikan import nya kelamaan hehehe.

Awalnya saya ingin mengedit video dengan adobe after effect di laptop kesayangan saya, tetapi size video yang mau saya import sangatlah besar, alhasil proses import nya menjadi lama hingga berjam jam dan saya rela nungguin nya. Lalu ketika buka google secara gak sengaja saya menemukan sebuah tools yang berguna untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video nya. Artinya video kita yang ber giga giga tadi bisa diperkecil ukuran nya hingga 50% - 80% dengan kulitas yang sama.

Software itu dinamakan "Handbrake". Yap, handbrake adalah suatu software yang berguna untuk memperkecil ukuran video, jadi ketika kalian ingin mengedit video dengan software editing seperti adobe premiere, adobe after effect, movie maker, sony vegas kalian tidak perlu bingung lagi mau ngecilin menggunakan aplikasi apa. Lagian makin ringan deh kalo mau di upload ke youtube. hehehe


Cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas :

1. Download aplikasi handbrake nya : Download Handbrake
2. Lalu install seperti biasa hingga selesai
3. Setelah instalan nya selesai lalu kita lanjut import video nya ke handbrake nya dengan cara klik Source kemudian klik file



4. Lalu pilih destinasi penyimpanan file nya nantinya. Klik browse dan pilih dimana anda ingin menyimpan.



5. Jika sudah lalu klik "Start" dan proses segaera berjalan.
6. Jika video sudah berhasil di proses maka akan menampilan tulisan "Queue is finished" 

Lihatlah perbandingan sebelum dan sesudah di perkecil menggunakan aplikasi handbrake.



Itulah tutorial singkat dari saya tentang Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas 100% Berhasil jika kalian ingin memperkecil ukuran video secara online dan tanpa software kalian searching aja ya di google karna disini saya hanya menjelaskan cara menggunakan aplikasi handbrake untuk memperkecil video.

Jika kalian malas menggunakan laptop kalian juga bisa mempercil ukuran video menggunakan android. Caranya hampir sama dengan menggunakan PC atau laptop. Hanya saja kemu menggunakan android alias smartphone kamu. Jika ada pertanyaan ataupun keluh kesah bisa langsung berkomentar dibawah ini ya.

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas 100% Berhasil"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas