Beberapa Tips Membeli Laptop Baru Yang Wajib Anda Ketahui

Tips Membeli Laptop Baru - Ketika anda sedang jalan jalan dengan teman teman anda bisa saja membawa smartphone, atau anda bisa menggunakan tablet jika sedang bersantai dihalaman belakang rumah, tetapi jika anda sedang fokus dalam pekerjaan kantor atau kugas kuliah anda tentu saja membutuhkan laptop. Pada tahun 2015 ini makin banyak saja pilihan merk model laptop yang diluncurkan, mulai dari ukuran, spesifikasi, dan harga yang beranekaragam. Maka dari itu jika anda ingin membeli laptop baru dengan spesifikasi memadai dan dengan harga yang terjangkau anda harus mengikuti tips yang kami berikan. Sejak sistem operasi windows 8 dengan fitur touchscreen membuat beberapa perusahaan laptop ternama berlomba lomba untuk mengeluarkan produk terbaru yang lebih unggul. Berikut adalah syarat syarat yang harus anda pahami sebelum memilih laptop baru :



Beberapa Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Baru :

1. Jumlah Dana Anda
Dana untuk membeli sebuah laptop sangat lah penting diperhatikan karena jika anda ingin membeli laptop dnegan spesifikasi diatas rata rata anda pastinya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, yang perlu anda ketahui laptop keluaran terbaru 2015 sekarang ini tentu membandrol produk unggulannya dengan harga yang fantastis.

2. Teliti Melihat Spesifikasi Laptop Dan Fungsinya
Tujuan anda membeli laptop untuk apa ? Untuk menyelesaikan tugas kantor, untuk sekedar mengetik, atau untuk bermain game. Jika anda membeli hanya untuk menyelesaikan tugas kantor dan sekedar browsing internetan anda tidak perlu mancari spesifikasi yang terlalu tinggi. Sesuaikan Spesifikasi dengan keperluan anda.

  • Tugas Kantor / Sekolah : Jika laptop yang ingin anda beli nanti hanya untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor yang tidak membutuhkan kinerja laptop yang besar anda bisa memlilih spesifikasi yang biasa biasa saja.
  • Laptop Gaming : Laptop Gaming adalah laptop yang ditujukan untuk bermain game atau hal hal yang membutuhkan kinerja laptop yang besar, karena dengan bermain game prosesor akan bekerja secara maksimal dan tentunya akan memakan memori RAM yang terlalu besar, tergantung dari jenis game yang dimainkan.
  • Editing : Anda membeli laptop untuk kegiatan editing? Tidak ada salahnya anda harus memilih laptop dengan resolusi graphic yang lumayan besar. Setidaknya VGA Card 1GB sudah lebih dari cukup.

3. Ukuran Layar
Dalam memilih laptop sangat disarankan menentukan ukuran layar, karena ukuran layar dapat memberi rasa nyaman pada anda ketika menggunakannya. Ada beberapa macam ukuran laptop yang beredar dipasaran.
  • 11" - 13" Dengan ukuran layar seperti ini laptop tidak terlalu memiliki bobot yang terlalu besar, sehingga memudahkan anda untuk membawa nya kemana anda mau.
  • 13" - 14" Ukuran layar seperti ini masih tergolong ukuran yang sedang-sedang saja dan bobot yang tidak terlalu berat.
  • 15" Pilihan layar seperti ini sangat cocok bagi anda yang hobby bermain game dan melakukan aktifitas editing gambar, karena dengan ukuran layar seperti ini anda akan lebih menikmati game anda dengan nyaman.
  • 17" Laptop dengan ukuran layar besar akan menjadi kepuasan tersendiri bagi yang sering melakukan aktifitas bermain game atau editing gambar maupun video. Tapi anda akan lebih susah membawa laptop ini karena ukurannya yang besar serta bobot yang lebih berat.

4. Jarak Antara Tombol Keyboard
Mengetik merupakan kegiatan utama ketika menggunakan laptop desain laptop yang bermacam-macam dan memiliki ciri-ciri tombol keyboard masing-masing. Jarak antar tombol keyboard yang terlalu dekat akan menyulitkan kita jika sedang melakukan kegiatan mengetik. Ini merupakan pengalam saya sewaktu menggunakan laptop milik sekolah dengan jarak tombol yang terlalu dekat, sungguh tidak nyaman bukan?

5. Touchpad
Calon konsumen tidak terlalu teliti dengan touchpad. Sistem default dalam sebuah laptop adalah touchpad sebagai alat penggeraknya selain menggunakan mouse maka sebaiknya anda teliti dengan touchpad sehingga nyaman ketika anda menggunakan laptop. 

6. Daya Tahan Baterai
Laptop didesain untuk memudahkan penggunaan berpindah-pindah tempat. Namun akan susah bila sumber listrik tidak anda temukan seperti di tempat tongkrongan, di cafe atau dimana saja. Tentu saja hal ini sangat merepotkan. Maka pilihlah laptop dengan daya tahan baterei yang panjang.

7. Merk Laptop
Pilihlah merk laptop yang sudah anda ketahui kinerja dan performa nya serta yang sudah terkenal dikalangan publik.

8. Sistem Operasi
Pilihlah sistem operasi yang nyaman anda gunakan, jika anda lebih nyaman menggunakan Windows XP atau Windows 7 anda bisa menginstall nya sendiri, jika tidak bisa anda bisa menggunakan jasa penginstallan ditoko-toko komputer dikota anda.

9. Jangan Malu Bertanya
Ini dia masalah yang sering dihadapi para konsumen, buat anda para konsumen baru jangan malu-malu untuk bertanya bertanya saja seputar spesifikasi laptop kepada penjual laptop tersebut, kalau bisa berilah para penjual tersebut jebakan-jebakan pertanyaan yang tidak bisa dia jawab .. hehe.. terkadang anda malu karna takut dibilang gaptek atau bahasa kerennya kepo .

10. Port USB (Colokan USB)
Port atau colokan USB yang terlalu dekat menyulitkan anda jika ingin menggunakan kedua port tersebut secara bersamaan. Anda sedang menggunakan flashdisk sebagai bahan kerja anda disamping itu anda juga ingin menggunakan modem untuk browsing di internet. Tentu saja hal ini sangatlah merepotkan karena harus mencopot salah satu dari komponen tersebut agar bisa memasukan komponen lainnya. Maka pilihlah laptop dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Atau jumlah port yang lebih dari 2. Jika tidak ada anda bisa membeli port USB tambahan dengan jumlah port yang lumayan banyak dan harganya juga terjangkau.


Oke semoga saja dengan postingan ini bisa menambah wawasan anda dalam membeli laptop baru dan dalam melilih spesifikasi yang tepat dengan kebutuhan anda. Semoga dapat bermanfaat bagi anda anda semua dan jangan sampai salah memilih spesifikasi.  

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

0 Response to "Beberapa Tips Membeli Laptop Baru Yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas