Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer

Mata Perih Menatap Monitor, Apa Sih Sebabnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.
RISIH karena mata perih atau pegal saat menatap monitor komputer. Hati-hati, mungkin Anda mengalami computer vision syndrome.
Hal itu diutarakan Dr. Elvioza, SpM, dokter spesialis mata sekaligus Kepala Divisi Vitreoretina Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia. Dia menjelaskan bahwa computer vision syndrome ialah masalah mata yang sering dialami banyak orang belakangan ini. Hal itu sendiri disebabkan karena seseorang terlalu lama menatap monitor komputer. Sehingga menyebabkan mata jadi perih, pegal, tegang, dan infeksi pada mata.
Pernahkah mata anda terasa sangat lelah saat kerja di depan laptop? Tentu ini sangat tidak nyaman.
Kalau sudah seperti ini, istirahatkan mata Anda untuk beberapa menit. Kemudian, merileksikan mata dengan melihat objek dari jauh. Seperti pepandangan pepohonan yang hijau-hijau.
Semakin kita melihat objek yang kecil, itu semakin mata kita diperas dua kali lipat. Sedangkan kalau melihat objek yang jauh makin merilekskan mata. Karena itu, saat mata sudah perih karena terlalu lama menatap layar komputer, lihatlah objek dari jauh minimal enam meter. Pokoknya, makin jauh makan bagus.
Setidaknya setiap satu jam latihan selama lima menit adalah waktu ideal untuk mengistirahatkan mata.

1.  Atur Resolusi Cahaya Pada Komputer atau Gadget Anda


Mengatur resulusi cahaya, ya.. Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata anda menjadi cepat kelelahan dan memerah, biasa akan terasa pegal dan perih. Ketika hal ini sudah terjadi jangan dilanjutkan, keluarlah dari ruang kerja anda dan lihatlah pepohonan yang rindang.

2.  Menikmati Pemandangan Pepohonan



Menikmati Pemandangan adalah salah satu cara yang tepat untuk menyegarkan mata yang kelelahan akibat bekerja ataupun karena terus menatap layar monitor yang terlalu lama. Carilah suatu tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga mata kita terasa segar kembali dan rilex.

3.  Banyak Mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan


Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dapat menambah stamina bagi mata anda, makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin A yang tentunya baik untuk kesehatan mata anda. Seperti Wortel.

4.  Memberi Jarak Pandang Monitor dengan Mata Anda



Berilah jarak pandang antara Monitor dan Mata anda, minimal jarak yang di rekomendasikan adalah 40 cm. Jangan terlalu dekat menatap monitor karena terdapat radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh monitor yang akan membuat mata anda cepat kelelahan bahkan dapat menyebabkan mata anda menjadi kabur atau rabun.

Demikian itulah Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer versi saya sendiri :D
Semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar ^^

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

2 Responses to "Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer"

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://sewalaptopsby.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. bener banget, sekarang ini kalo kerja liat komputer baru 1 jam udah pusing, lama lama mual yang dirasa, makasih buat postingnya, harus lebih sering makan sayuran sama wortel...

    ReplyDelete

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas