Efek Samping Penggunaan Rokok Dalam Jangka Panjang


Rokok, ketika kita mendengan kata kata ini pasti yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah silinder yang terbungkus kertas sepanjang 8 - 9 cm yang tidak asing lagi sering kita temui di tempat-tempat umum seperti di halte, stasiun, pasar, bahkan didalam angkutan umum. Saya pribadi gak suka merokok dan paling gak suka baget kalo ngeliat orang merokok apalagi  pas di dalem angkutan umum, rasanya terganggu banget. Dan ternyata efek yang timbulkan oleh perokok bukan hanya dapat menyerang sang pengguna rokok itu sendiri, tapi asapnya juga dapat mengganggu orang-orang disekitar. Bahkan orang yang menghirup asap rokok akan lebih mudah terserang penyakit pernapasan dari pada yang merokok, wahh bahaya juga ya. Ada lagi efek negatif dari merokok yaitu sebagai berikut :


1. Rambut Rontok

Resiko bagi perokok berat adalah rontok nya rambut dan dapat berujung pada kebotakan. Biasanya resiko ini akan dialami karena merokok dalam jangka panjang. Nah loo masih mau ngerokok ? Pikir pikir lagi deh ;)


2. Dapat mengganggu sistem pencernaan

Racun pada rokok dapat mengganggu sistem pencernaan anda, sehingga sistem pencernaan anda tidak dapat berfungsi dengan baik, perokok berat dalam jangka panjang dapat terkena penyakit gagal ginjal dan kanker paru-paru.


3. Dapat mengganggu indra pengecap anda

Apakah anda perokok berat? Jika iya maka berhati-hatilah karena merokok juga dapat mengganggu indra pengecap makanan, apa itu indra pengecap makanan? pengecap adalah istilah untuk indra rasa yang kebanyakan orang miliki, yang memungkinkan seseorang untuk memiliki rasa selera makan yang berbeda. Maka dari itu jika anda perokok berat akan mudah menyerang indra pengecap anda.


4. Dehidrasi / Kekurangan cairan dalam tubuh

Merokok juga dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, rata-rata para perokok cenderung lebih mudah haus dan lebih banyak minum dari pada orang yang tidak merokok. Dan dampak yang mungkin terjadi oleh para perokok dalam jangka panjang adalah mengalami gangguan dehidrasi itu sendiri dan dapat menyebabkan bibir kering, kulit menjadi kering, dan gangguan saluran kencing.


5. Menguras Energi / Lebih Mudah Kelelahan

Rokok dapat membuat penggunanya menjadi cepat lelah, Pastinya merokok dapat membuat paru-paru anda menjadi lemah dan gagal memompa oksigen secara maksimal sehingga tubuh menjadi cepat kelelahan.


6. Dapat Merusak DNA

Efek yang terakhir adalah dapat merusak DNA, Sifat dari kerusakan ini sampai sekarang belum dapat diketahui secara rinci. Sehingga merokok tidak hanya mengancam kesehatan anda tapi juga dapat mengancam jiwa keturunan anda dimasa depan. Jadi berhentilah merokok.


Hanya itulah yang dapat saya tulis hari ini, semoga dapat menambah informasi anda. Itulah efek samping dalam merokok yang tidak diduga dan wajib kita ketahui. Jadi sebaiknya anda berhentilah merokok demi kesehatan anda dan orang lain. Semoga bermanfaat ^^

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

1 Response to "Efek Samping Penggunaan Rokok Dalam Jangka Panjang"

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas