Jangan Buang Kulit Pisang! Inilah 10 Manfaat Kulit Pisang Yang Wajib Anda Ketahui


Biasanya setelah memakan pisang kita akan membuang kulitnya ketempat sampah, padahal ada beberapa banyak manfaat yang terdapat pada kulit pisang bagi kehidupan manusia. Selain buah nya ternyata kulit pisang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah  10 manfaat kulit pisang yang jarang diketahui.

1. Melindungi Mata Dari Sinar UV


Kulit pisang dapat digunakan sebagai pelindung dari sinar UV karena kulitnya kaya akan protein yang mendorong regenerasi sel retina. Selain itu kulit pisang juga baik untuk penglihatan dimalam hari.

Caranya adalah, gosokan kulit pisang dimata sebelum berjemur, hal ini juga terbukti mengurangi resiko katarak pada mata kalian.

2. Mengurangi Kerutan Wajah


Kerutan wajah terjadi karena kulit kehilangan ke-elastisannya dan kehilangan kekencangan nya. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam kulit pisang dapat mengurangi muncul nya keriput.

Caranya gosokkan kulit pisang ke kulit dan biarkan selama 30 menit atau semalaman lalu bilas muka dan lembabkan, ulangi selama 3 minggu

3. Meredakan Kulit Gatal


Kulit pisang adalah obat alami yang bagus untuk kulit gatal, kulit pisang mengandung histamin memberikan nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Gunakan kulit pisang untuk menghilangkan gatal dari racun akibat gigitan serangga.

Caranya adalah oleskan kulit pisang pada bekas gigitan serangga atau nyamuk dan biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu hapus dan ulangi pada area gigitan lainnya.

4. Penghilang Rasa Sakit dan Memar



Kulit pisang dapat berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami untuk merasa lebih baik, oleskan kulit pisang ke bagian yang terasa sakit atau memar. Kulit pisang akan memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami sakit dan memar karena kulit pisang mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan darah.

Caranya oleskan ke area yang terasa sakit dan biarkan selama 30 menit dan ulangi sampai rasa sakit menghilang. Campuran minyak sayur dan kulit pisang juga membantu menghilangkan rasa sakit dan memar.

5. Mengurangi Bekas Luka


Kulit pisang memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi kulit seperti pembengkakan, kemerahan. Kulit pisang juga mengandung asam lemak terelifikasi yang sebenarnya telah diisolasi dan dimasukkan kedalam berbagai lotion yang mengurangi visibilitas bekas luka.

Caranya ambil kulit pisang dan oleskan ke daerah yang terluka, biarkan selama 1 jam atau semalaman lalu ulangi setiap hari.

6. Mengobati Migrain dan Sakit Kepala


Jika kalian mencari cara untuk mengobati migrain, kulit pisang ini bisa menjadi obat alami untuk mengobati sakit kepala, caranya tempelkan kulit pisang di dahi atau dibelakang leher yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

Ini karena kalium yang terkandung di dalam kulit pisang. Caranya masukan kulit pisang kedalam freezer selama 1 jam, lalu tempelkan kulit pisang yang sudah dingin tadi ke dahi ataupun kebelakang leher.

7. Menghilangkan Serpihan Kaca yang Menempel Pada Tangan


Jika kita tertusuk potongan kaca, kulit pisang dapat digunakan untuk menghilangkan serpihan kaca tanpa rasa sakit karena kulit pisang kaya akan enzim yang memiliki efek yang menarik subjek asing ke permukaan kulit yang akan membuatnya lebih mudah untuk mengambil serpihan kaca tanpa rasa sakit.

Caranya oleskan kulit pisang matang ke area kulit yang terkena serpihan kaca, diamkan selama 10 menit lalu lepaskan serpihan kacanya

8. Menghilangkan Kutil dan Kapalan


Kulit pisang berhasil digunakan untuk menyingkirkan kutil kalian harus menempelkan kulit pisang dengan sebuah selotip lalu biarkan kulit pisang itu benar-benar menjadi hitam, biasanya ini memerlukan waktu hingga beberapa minggu, tetapi pada akhirnya kulit akan hilang dan terkelupas seperti kulit mati

9. Mengurangi Jerawat


Kulit pisang mengandung vitamin C dan vitamin E dan mereka juga mengandung kalium, seng, dan besi, nutrisi ini dapat menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi jerawat.

Caranya adalah gosokan kulit pisang ke area wajah yang terdapat jerawat, lalu biarkan selama 5 sampai 10 menit lalu bilas kulit wajah dan ulangi 2 kali sehari

10. Memutihkan Gigi



Kulit pisang yang matang sangat kaya akan potasium yang dapat membantu menghilangkan noda kuning yang muncul dari akibat mengkonsumsi minuman tertentu seperti kopi, teh dan makanan tertentu seperti blueberry dan rasberry.

Caranya adalah setelah kita gosok gigi seperti bisa dengan menggunakan sikat gigi, ambil bagian dalam kulit pisang dan gosokan pada gigi selama 2 menit. Lalu bilas gigi dan ulangi setiap hari.

Hmm ternyata banyak juga ya manfaat dari kulit pisang yang tidak kita ketahui. Jika kalian punya info yang lain tentang kulit pisang bisa diceritakan pada kolom komentar dibawah.

Berlangganan artikel secara gratis? Masukan email anda dibawah ini:

0 Response to "Jangan Buang Kulit Pisang! Inilah 10 Manfaat Kulit Pisang Yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas